"

a

Senin, 12 September 2011

Tugas-kuliah-pasca



Tugas : Hukum Maritim dan Transportasi
ANDRIES  LATJANDU – 10 23 20 80 66  

Pengertian dan definisi Kapal

Pengertian kapal dapat didefinisikan sebagai “a ship is a floating vessel which is self propelled an capable of carrying cargo or passenger” (The Marine Encyclopaedic Dictionary by Eric Sullivan) dimana dapat kita ambil pengertian yaitu kapal adalah sarana angkutan terapung di air yang dapat bergerak/berpindah sendiri dari satu tempat ke tempat lain dan mampu mengangkut/memindahkan muatan/barang atau penumpang.
Kembali ke pembahasan kapal barang adalah  merupakan kapal jenis pengangkut barang yang beraneka ragam baik jenis barang dalam bentuk kotak, crate, bundle, dan lain lain. Kapal-kapal jenis ini umumnya berlayar trampers dan tidak memiliki rute khusus tetapi ada juga yang berlayar linier dengan rute tetap. Dari sisi underwriting, kapal yang memiliki pelayaran linier atau rute tetap akan memiliki penilaian yang positif karena beberapa alasan sebagai berikut :

- ABK lebih mengusai daerah pelayaran yang dilewati.
- Kapal memiliki schedule tetap sehingga owner/management akan memiliki schedule perawatan kapal yang pasti.
Sesungguhnya ABK lebih menyukai berlayar linier.

  - Biasanya linier mempunyai pasar cargo yang pasti sehingga akan sibuk terus sepanjang tahun Kapal ini secara garis besar dibagi dalam beberapa ruangan. Ruangan cargo lazimnya disebut palka yang harus memiliki ventilasi yang baik dengan System Gooseneck atau dengan kompresor. Dalam ketentuan Class, kapal ini diharuskan memiliki alas dek ganda (double bottom plate). Hal ini akan menguntungkan karena bila terjadi kandas, cargo akan tetap selamat disamping itu berguna pula untuk tempat menyimpan bahan bakar serta ballast tidak tetap. Klaim partial loss yang sering terjadi terutama karena kandas, tabrakan (collision), dan kerusakan mesin yang disebabkan oleh seringnya anak buah kapal (ABK) lalai dalam pemeliharaan mesin-mesin kapal tersebut apalagi pada saat ini susah dan mahalnya mendapatkan spare part mesin kapal yang sesuai, sehingga untuk hal tersebut maka trading warranty kapal akan menjadi penilaian tersendiri bagi underwiters

12-09-2011